BPBD Kerjasama RRI Nabire, Sosialisasi dan Simulasi Gempa di SMA Negeri 1 Nabire

Melalui program Kentongan RRI Nabire dengan semboyannya Radio Tanggap Bencana, Maka dilaksanakan Sosialisasi dan Simulasi Gempa di SMA Negeri 1 Nabire atas kerjasama BPBD Nabire dan RRI Nabire Rabu 29 Januari 2020, pukul 10:00 wit yg disiarkan secara langsung oleh RRI Nabire.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi dan Simulasi ini, Kepala BPBD Nabire, Kepala SMA Neg 1 Nabire, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Plt Sekretaris BPBD, Pimpinan dan Karyawan-Karyawati RRI Nabire, Seluruh staf BPBD Nabire dan Guru serta Siswa-Siswi SMANSA Nabire, yang begitu bersemangat hingga rela duduk melantai.

Kepala BPBD Bp. Victor Fun S.Sos, M.Si, memaparkan secara singkat tentang Management Penanggulangan Bencana berkaitan dengan upaya-upaya mengurangi resiko bencana di Kabupaten Nabire, seperti pemasangan rambu-rambu kebencanaan, Koordinasi dan Konsolidasi dengan Instansi terkait, penyaluran bantuan bagi korban bencana dan lain-lain.

Sementara itu di tempat yang sama Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Bp. Menase Yoteni, SH, M.Si Memaparkan terkait prosedural penanganan darurat bencana dimana laporan kejadian bencana dari masyarakat diterima dan BPBD Melakukan monitoring kelapangan guna mengecek kondisi dilokasi dan pengambilan data, selanjutnya di Laporkan kepada Pimpinan guna pengambilan kebijakan di tingkat pimpinan.

Di akhir sesi kegiatan dilaksanakan simulasi singkat bagaimana menghadapi saat terjadi gempa bumi dan cara menyelamatkan diri yg di pandu oleh Bp. Theodorus Patiung, S.Pd, dengan maksud memberi edukasi dan pemahaman kepada siswa-siswi apabila terjadi gempa, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipersiapkan dan harus kemana, serta melapor kemana, apabila ada korban dan membutuhkan pertolongan/ evakuasi.

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa-siswi mengetahui dan tidak panik saat terjadi gempa, serta dapat berbagi pengetahuan ini kepada keluarga, lingkungan dan teman-2nya.

 

Pusdalops BPBD Nabire

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code