Pengerjaan Jembatan Penghubung Yaro 2 dan Wanggar Pantai, Akhirnya Rampung

Tim BPBD Nabire, Selasa 9 April 2019 lakukan monitoring langsung dilapangan pengerjaan jembatan semi permanen di Yaro 2 – Wanggar Pantai, guna memastikan telah selesainya pengerjaan jembatan tersebut.

Pasca mengalami kerusakan pada bulan Desember 2018 lalu, Jembatan log kayu yang menghubungkan Yaro 2 dengan Wanggar Pantai, ditangani oleh pihak terkait yakni BPBD Nabire dan Dinas PUPR Nabire. Jembatan tersebut mengalami kerusakan pada bulan Desember 2018 lalu akibat longsor karena tergerus arus Kali.

Dari hasil pantau akhir BPBD Nabire, jembatan dengan rangka baja, beton abutment dan kayu, dengan panjang 30 meter dan lebar 4 meter, lebar abutment 5 meter, dalam proses pengerjaan tahap akhir yaitu pengecoran pada kedua ujung jembatan, masing-masing 5,6 meter x 3,5 meter dan selesai pada hari ini juga, serta rencananya akan diresmikan sebelum jembatan ini digunakan oleh masyarakat.

Menurut pengembang kepada Tim BPBD, kapasitas kemampuan jembatan ini menerima beban diatasnya kurang lebih 4 Ton yang mana seharusnya 7 Ton, disebabkan kondisi rangka jembatan ini sudah beberapa kali direlokasi.

Sementara itu akses jalan masih menggunakan jembatan log kayu lama yang masih tersisa pasca kerusakan, kondisinya semakin mengkwatirkan untuk dilalui kendaraan roda empat, sewaktu-waktu bias saja patah atau ambruk

Dengan terbangunnya jembatan di Yaro 2 ini nantinya, diharapkan akses jalan antara Yaro 2 dan Wanggar Pantai dan sebaliknya menjadi lancar, baik itu akses pendidikan, kesehatan, perekonomian, pertanian/perkebunan maupun jalur transportasi.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code