BPBD Sosialisasi Penggunaan APAR Bagi Karyawan Karyawati Kantor Pengadilan Agama Nabire

Pelatihan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada karyawan dan karyawati tentang fungsi APAR, juga melatih para pegawai Pengadilan Agama Nabire agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif dan permohonan dari Pengadilan Agama Nabire, Sosialisasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) disampaikan langsung oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bpk. Theodorus Patiung, S.Pd (Selasa 29 Januari 2019) bertempat di Kantor Pengadilan Agama Nabire di bantu beberapa staf BPBD Kabupaten Nabire, Menyampaikan beberapa informasi mengenai jenis APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tersedia seperti :

1. APAR isi Powder

2. APAR isi Gas CO2

Selain itu juga dijelaskan mengenai ciri kondisi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang siap pakai :

1. Posisi masih tersegel,

2. Ada Pen Pengaman,

3. Pada label pengecekan APAR (tanggal pemeriksaan dan kondisi APAR) masih berfungsi,

4. Jarum barometer tekanan harus berada pada area hijau dengan tekanan sampai 17 bar (kecuali APAR dengan media Karbon Dioxide yang tidak memiliki barometer penunjuk tekanan isi APAR). Selanjutnya Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Calang-Aceh Jaya juga menjelaskan bahwa APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah untuk memadamkan api dengan klasifikasi sumber kebakaran yaitu :

a. Klas A : Kebakaran yang berasal dari bahan biasa padat yang mudah terbakar Contoh : kertas, kayu, plstik, karet, dll.

b. Klas B : Kebakaran yang berasal dari bahan cair dan gas yang mudah menyala Contoh : minyak tanah, bensin, solar, thinner, LNG, LPG, dll.

c. Klas C : Kebakaran yang berasal dari peralatan listrik (hubungan arus pendek) Contoh : generator listrik, setrika listrik, dll.

Cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang tepat dan benar dengan langkah :

1. Buka segel dengan cara memutar pinnya

2. Tarik pin APAR

3. Ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara mengetahui arah angin, perhatikan asapnya, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1,5 m- 3 meter dari api

4. Angkat APAR, arahkan moncong selang ke arah api

5. Semprot api dengan cara menekan tuas pada alat pemadam

Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini juga dapat di singkat menjadi PASS yaitu:

Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  ini adalah untuk awal mula terjadinya kebakaran/api kecil saja bukan untuk kebakaran besar.

(Pusdalops PB Nabire)

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code