Puluhan Rumah Warga Hangus Terbakar, Rabu Dini Hari di Kompleks Pasar Kalibobo Nabire

Rabu dini hari sekitar pukul 03.00 Wit 23 Januari 2019, Terjadi Kebakaran di Kompleks Pasar Kalibobo Nabire, Sumber api berdasarkan keterangan warga berasal dari kontrakan milik DP. Setelah warga mengetahui api mulai membesar, warga kemudian panik dan meminta pertolongan.

Api cepat menjalar membakar rumah warga dikarenakan kondisi rumah yang berdempetan satu sama lain, sebagian besar material rumah terbuat dari kayu sehingga mudah terbakar serta adanya angin yang kencang dari arah laut karena lokasi kebakaran tepat berada di pinggir pantai.

Kemudian mobil pemadam kebakaran milik Polres Nabire diterjunkan ke lokasi kebakaran. Namun api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 05.30 Wit. Mobil kesulitan masuk ke dalam lokasi kebakaran karena pemukiman yang pada dan jalan yang semput.

Sementara itu berdasarkan keterangan dari Kapolres Nabire, AKBP Sonny Nugroho Tampubolon S.IK, yang diteruskan Humas Polres Nabire, Brigadir Efer Lamba, penyebab pasti kebakaran belum diketahui dan sedang dalam penyelidikan. yang dilansir dari Nabire.Net

Sementara dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Sedangkan jumlah kerugian materiil sementara masih sedang didata.
Data sementara dari Polres Nabire yang diterima melalui pihak RT setempat, jumlah Kepala Keluarga yang terkena musibah kebakaran sebanyak 98 orang, sedangkan perkiraan jumlah rumah yang dilalap jago merah sebanyak 82 unit.

Sementara itu berdasarkan keterangan sejumlah warga di Kalibobo, jumlah rumah yang terbakar mencapai ratusan unit, namun hingga saat ini masih sedang dilakukan pendataan.

Saat ini telah didirikan posko bantuan di Pasar Kalibobo diantaranya dari BPBD Nabire mendirikan 2 Unit Tenda Pleton dan memobilisasi air bersih sementara stok logistik pangan : nihil, dari pihak Dinas Sosial dibantu RAPI 07 Nabire, guna mendata kerugian serta penerimaan bantuan bagi korban kebakaran.

Jika warga ingin membantu memberikan bantuan baik berupa makanan, pakaian dan lain sebagainya, bisa langsung menyalurkan bantuan ke Posko di Pasar Kalibobo.

[Nabire.Net]/BPBD

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *